Rabu, 17 Juni 2015

Tips Tidur Sehat ala Rasulullah SAW.

Ajaran agama Islam yang disampaikan Rasulullah SAW kepada umatnya merupakan ajaran paling menyeluruh dalam memberikan tuntunan hidup yang meliputi seluruh aspek kehidupan, termasuk di dalamnya mengenai tidur yang baik dan sehat. Tidur tidak hanya untuk memulihkan tenaga setelah seharian beraktivitas, tetapi juga untuk memperbaiki penampilan. Beberapa poin yang menjadi manfaat dari tidur adalah menjadikan kulit dan mata lebih cerah serta membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Kurang tidur dapat menyebabkan mata lelah, tidak bersemangat beraktivitas, dan nutrisi ke akar rambut tidak tersalurkan dengan baik sehingga rambut akan lebih mudah rusak dan patah.


Rasulullah SAW sebagai suri tauladan bagi umat Islam telah mencontohkan bagaimana tips tidur yang sehat. tips tidur sehat ala Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

1. Tidurnya Rasulullah SAW di Malam Hari
Rasulullah selalu membiasakan tidur di awal malam dan bangun di awal sepertiga malam terakhir. "Dari Abu Barzah bahwasanya Rasulullah membenci tidur sebelum isya'  dan bercakap-cakap setelahnya." (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain tidur di awal malam, Rasulullah juga menganjurkan untuk mematikan lampu ketika tidur. Hal tersebut berdasarkan hadits: "Matikanlah lampu-lampu di waktu malam jika kalian hendak tidur, dan tutuplah pintu-pintu, bejana, serta makanan dan minuman kalian."(HR. Bukhari dan Muslim).

Tidur yang baik adalah tidur yang berkualitas, bukan berarti tidur berkualitas adalah tidur dengan waktu yang lama. Tidur berkualitas bahkan bisa didapat dengan tidur di malam hari selama 3 jam jika dilakukan dengan optimal. Tergantung bagaimana kita memanajemen waktu tidur kita sesuai kebutuhan. Tidur yang berkualitas di malam hari merupakan upaya optimalisasi detoksifikasi racun dalam tubuh, terutama pada organ hati. Pada tidur yang berkualitas, detoksifikasi hati dapat berjalan optimal, terutama dalam pembentukan asam amino glutathione sebagai antioksidan yang menetralisasi stres oksidatif dan radikal bebas.

2. Tidurnya Rasulullah SAW di Siang Hari
Selain tidur malam dan bangun lebih awal, Rasulullah juga kerap membiasakan tidur siang. Rasulullah bersabda, "Lakukanlah qailullah (tidur siang), karena sesungguhnya setan itu tidak melakukan qailullah." (HR. Al-Thabrani).

Tidak perlu lama, yang penting berkualitas. Tidur siang kurang dari 30 menit cukup untuk menyegarkan kembali sistem dalam tubuh dan meningkatkan kerja otak. Terbiasa menyisihkan waktu untuk sejenak tidur siang juga akan memudahkan kita bangun di sepertiga malam sehingga akan lebih mudah untuk melaksanakan sholat tahajud.

3. Adab Ketika Hendak Tidur
Ada beberapa hal yang jika rutin dilakukan sebelum tidur akan menjadikan waktu tidur kita yang panjang bernilai ibadah, beberapa di antaranya:
  • Sholat witir sebelum tidur. Dari Abu Hurairah Rasulullah bersabda: "Kekasihku (Rasulullah SAW) berwasiat kepadaku dengan tiga perkara: berpuasa tiga hari pada setiap bulan, dua rakaat sholat dhuha, san sholat witir sebelum tidur." (HR. Muslim)
  • Mematikan api dan menutup pintu. Berdasarkan sebuah hadits dari Jabir Ra. bahwa Rasulullah bersabda: "Matikanlah lentera-lentera jika kalian hendak tidur. Tutuplah pintu-pintu, bejana-bejana, makanan dan minuman!" (HR. Muttafaqun 'alaih)
  • Mencuci tangan dari kotoran. "Barangsiapa yang tidur dan di tangannya ada ghomar ( kotoran pada tangan setelah makan) yang tak dibasuh kemudian terjadi sesuatu yang tak disukainya, maka janganlah mencela kecuali terhadap dirinya sendiri." (HR. Tirmidzi, Abu Daud, dan Ibnu Majah, dari Abu Hurairah).
  • Berwudhu sebelum tidur. "Jika engkau hendak menuju ke tempat pembaringan, maka berwudhulah sebagaimana engkau berwudhu untuk sholat." (HR. Bukhari Muslim).
  • Membersihkan tempat tidur seraya membaca basmalah. "Jika salah seorang dari kalian hendak berbaring di tempat tidurnya hendaklah ia mengambil kainnya dan mengibas-ngibaskannya ke tempat tidurnya dengan membaca basmalah." (HR. Bukhari Muslim dari sahabat Abu Hurairah).
  • Menutup aurat ketika tidur. "Janganlah salah seorang di antara kalian tidur telentang kemudian meletakkan salah satu kakinya di atas kaki yang lain." (HR. Muslim, dari sahabat Jabir bin Abdillah Ra.). Maksudnya jika dalam keadaan terbuka auratnya atau sebagiannya.
  • Larangan tidur telungkup. Dari Abu Dzar, beliau berkata: Nabi SAW pernah melewatiku, dan aku dalam keadaan tidur telungkup, maka beliau menggerakkanku dengan kakinya seraya bersabda, "Wahai Junaidib, sesungguhnya ini adalah posisi tidur penduduk neraka." (HR. Ibnu Majah).
  • Tidur bertumpu pada anggota tubuh yang kanan. "Jika kamu hendak menuju ke tempat tidur, maka berwudhulah sebagaimana engkau berwudhu untuk sholat, kemudian berbaringlah dengan bertumpu pada anggota badan yang kanan." (HR. Bukhari Muslim).
4. Adab Setelah Bangun Tidur
Tidak hanya sebelum tidur, setelah bangun dari tidur pun ada adabnya. Berikut adab setelah bangun tidur yang diajarkan Rasulullah SAW:
  •  Mengusap bekas tidur di wajah dengan tangan. "...Rasulullah kemudian bangun tidur. beliau lalu duduk sambil mengusap (bekas) tidur di wajah beliau dengan tangan beliau." (HR. Muslim).
  • Berdoa. "Alhamdulillaahilladzi 'ahyana ba'da maa amaatanaa wa'ilaihinnusyuur (segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nyalah kami kembali)." (HR. Bukhari).
  • Bersiwak. Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW ketika bangun tidur menggosok mulutnya dengan siwak. (HR. Bukhari).
  • Al-Istintsar (menghisap air ke lubang hidung). "Tatkala salah seorang di antara kalian bangun tidur, hendaknya dia menghisap air ke hidung sebanyak tiga kali. Sesungguhnya setan menginap di lubang hidungnya."  (HR. Bukhari dan Muslim).
  • Membasuh kedua tangan sebanyak tiga kali. "Ketika salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, hendaknya dia tidak mencelupkan tangannya ke dalam tempat (air) sampai dia membasuh tangannya sebanyak tiga kali." (HR. Bukhari Muslim).
Sungguh Islam telah mengajarkan segala aspek dalam kehidupan kita melalui Rasulullah SAW. Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mempelajari dan mengamalkan segala yang diatur dalam Islam, terkhusus adab dan tips tidur sehat yang telah diajarkan Rasulullah SAW. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat diamalkan. Wallahu'alam bishawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan:
bahasa yang santun
tidak mengandung SARA dan pornografi
berkomentar sesuai dengan topik
tidak saling menghina dan mengejek
jika hal tersebut dilanggar maka komentar akan dihapus. terima kasih.