Minggu, 06 November 2016

Menemani Bayi Bermain



Sebagai orangtua tentu sangat ingin memiliki anak yang cerdas dan aktif dalam merespon situasi di sekitarnya. Untuk mewujudkannya,  kita perlu memikirkan permainan apa yang bagus untuk si kecil. Orangtua terutama ibu bahkan dituntut untuk selalu menemani si kecil bermain dan mengenal lingkungannya. Kehadiran orangtua dalam menemani bayi bermain akan meningkatkan bonding yang lebih kuat antara orangtua dan anak, sehingga anak akan selalu merasa nyaman.

Jadi untuk memberikan stimulus pada anak bukan hanya berfokus pada mainan saja tetapi peran orangtua yang menjadi hal utama untuk membentuk kemampuan sensorik dan motorik anak berkembang dengan baik. Tidak perlu mainan yang mahal, asalkan Anda kreatif dan mampu mengubah barang-barang di rumah menjadi mainan yang berguna untuk menstimulus perkembangan otak.

Bayi berusia 4 bulan ke atas sangat tertarik dengan hal-hal baru di sekitarnya, sehingga keinginannya untuk bermain juga sangat besar. Berilah mainan pada bayi Anda yang memiliki banyak warna, dan mengeluarkan suara-suara yang menarik. Anda bisa mengajak si kecil untuk bermain mencari benda, dengan cara menyembunyikan benda atau mainan lalu memancingnya untuk mencari arah benda tersebut.

Berdasarkan pengalaman pribadi dengan anak pertama saya Sakha, dia selalu tertarik bermain dengan benda yang berbunyi seperti gantungan kunci, bebek-bebek mandi, dan senang latihan menendang. Sakha juga senang memegang erat benda yang berwarna-warni seperti kain berbagai warna dan stik warna-warni.

Tetapi perlu juga diperhatikan, anak bayi yang sudah bisa memegang benda kerap memasukkan benda ke dalam mulutnya. Jika tidak diawasi hal tersebut dapat membahayakan keselatan bayi Anda.  Bisa jadi benda yang dimasukkannya ke mulut tertelan, atau mengandung zat kimia yang berbahaya. Jadi pastikan mainan dan lingkungan bermainnya aman dari bahaya.
Sambil bermain, ajak anak berbicara dengan kata-kata sederhana seperti ibu, ayah, ayam, kucing dan sebagainya agar ia lebih mudah menangkap dan menirunya. Hal seperti ini akan sangat baik bagi perkembangan fisik dan mentalnya. Jadi, jangan sampai Anda kehilangan momen berharga si kecil karena jarang ada di dekatnya apalagi mengajaknya bermain. Selamat menemani bayi Anda bermain ya Bunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan:
bahasa yang santun
tidak mengandung SARA dan pornografi
berkomentar sesuai dengan topik
tidak saling menghina dan mengejek
jika hal tersebut dilanggar maka komentar akan dihapus. terima kasih.